Untuk memberikan bantuan kepada usaha kecil dan menengah secara lebih efektif, maka perlu juga dipahami mengenai tiga aspek kunci dalam usaha, yakni: Produksi, Pemasaran dan Keuangan.
Dalam aspek produksi, kita melihat aspek berikut :
• Apakah produk yang dihasilkan memiliki fitur tertentu yang membedakan dengan produk pesaing?
• Bagaimana dengan kontrol konsistensi mutunya?
• Berapa kapasitas produksinya? Bagaimana dengan jaminan pasokanbahan baku?
Dalam aspek pemasaran, dimana kelayakan sebuah usaha mesti dinilai dari hal berikut :
• Bagaimana tren penjualannya selama ini?
• Apakah prospek pasarnya baik atau tidak? Bagaimana menghadapi persaingan?
• Bagaimana strategi harga jualnya? Dan kegiatan pemasaran apa yang sudah dijalankan?
• Kemana rencana ekspansi pasar?
Dalam aspek keuangan, dimana kelayakan sebuah usaha mesti dinilai dari hal berikut :
• Bagaimana kondisi keuangannya selama beberapa tahun belakangan?
• Berapa modal yang dibutuhkan untuk produksi?
• Apa saja komponen biaya produksinya?
• Berapa lama modal akan dapat kembali?
Empat tahapan dalam proses penyusunan program comdev, yang dimulai dari analisa kebutuhan, penyusunan desain program, implementasi dan kemudian evaluasi.
Proses analisa kebutuhan comdev. Analisa ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan program comdev yang relevan dengan strategi perusahaan. Dalam konteks ini, perusahaan mesti sebelumnya merancang agenda dan skala prioritas mengenai pada area apa comdev akan diarahkan. Apakah dalam pendidikan, ekonomi, atau kegiatan budaya?
Proses menggali data untuk kebutuhan analisa. Dalam hal ini informasi dapat digali melalui:
• Observasi dan interview ke lapangan/terjung langsung
• Informasi dari media massa, pemda atau ormas
Analisa difokuskan pada potensi yang dapat dikembangkan dari komunitas lokal. Apa potensi yang mereka miliki? Dan bagaimana prospek pengembangannya?