Human Insani

Human Insani

UU & Regulasi

UU & REGULASI ( SERIKAT PEKERJA )

PHI

UPAH

K3 & Jamsostek

Jenis Presentasi dan Gaya Belajar Orang Dewasa

Dalam hal ini, terdapat tiga metode pembelajaran, yakni : a) Metode Visual dimana peserta menggunakan penglihatannya untuk belajar. Dalam hal ini peserta bisa diberikan bahan bacaan atau gambar untuk dilihat, dibaca dan dipelajari.
Bahan bacaan atau gambar memuat sejumlah instruksi atau pengetahuan yang akan memberikan informasi mengenai bagaimana melakukan sesuatu. Dari sini seseorang bisa belajar tentang cara bertindak dan berperilaku.
Metode Auditorial dimana peserta menggunakan alat pendengarannya untuk belajar. Dalam hal ini bisa diberikan suara dari tape recorder atau ceramah, sehingga peserta bisa mendengar dan belajar darinya
Metode Kinestetik dimana peserta menggunakan tangan dan kaki secara fisik untuk belajar. Dalam cara ini peserta belajar melalui praktek langsung.
Cara menggunakan alat bantu visual. Didalamnya diuraikan tips menggunakan alat bantu visual, juga diterangkan mengenai perlunya melakukan percobaan (review) mengenai alat bantu visual yang akan kita gunakan sehingga kita benar-benar familiar dengannya. Serta juga dipaparkan mengenai letak alat bantu visual yang paling tepat bagi audiens.
Pedoman dalam menyusun bahan slide presentasi; diantara bagaiman membuat grafik dan tabel yang menarik. Serta juga dijelaskan untuk menghindari cara pemaparan angka yang terlalu rumit dalam sebuah slide.
Panduan dalam menggunakan warna pada slide. Disini beberapa hal yang perlu diingat adalah sbb :

• Gunakan Template Yang Konsisten Selama Presentasi
• Umumnya, Gunakan Dasar Polos untuk OHP, & Warna yang tidak terlalu mencolok untuk LCD Projector
• Kontraskan Warna Tulisan & Dasar
• Warna Harus Harmoni
• Jangan Semrawut dengan lebih dari 3-4 Warna

Cara kita berinteraksi dengan para peserta. Termasuk didalamnya adalah dengan melibatkan partisipasi peserta serta teknik menjawab pertanyaan yang muncul dari para peserta.